Bisnis Yang Bermartabat

0
248

LAZISMUJATENG.ORG – Dalam setiap harta yang kita dapatkan ada hak orang lain yang harus dikeluarkan, demikian penggalan pembicaraan kami bersama owner Tukang Cuci Laundry group, Panji Dwi Risantoro yang akrab dengan sebutan mas Panji, di sebuah warung tahu kupat (Rabu, 4/4/18). Dia memulai usaha loundry sejak 2016. Meskipun sudah banyak usaha loundry, dia membuka loundry yang berbeda yaitu cuci karpet ekspres. Alhamdulillah saya menjadi yang pertama membuka usaha cuci karpet ekspres di Semarang, kata mas Panji.

Menempati sebuah rumah usaha di jalan Tusam Raya L6 – L7, Banyumanik Semarang, dengan dua lantai terasa kurang luas. Dia sedang mempersiapkan perluasan tempat usahanya dengan menyewa rumah di sebelahnya. Biar lebih leluasa, bisa membuat satu ruang pelatihan, dan ruang meeting, kata mas Panji. Dirinya percaya salah satu faktor penentu sebuah usaha adalah SDM yang berkualitas, untuk itu harus di persiapkan sarana dan prasarana pembinaan SDM agar mendapatkan kualitas sesuai yang diharapkan.

Pada awal tahun 2016 saya membuka cabang pertama di Jl. Tusam Raya Banyumanik dengan di bantu oleh 3 orang karyawan. Dan alhamdulillah sekarang sudah berdiri 2 cabang dan mempekerjakan 12 orang karyawan. Untuk pemasaran saya membuka agen kemitraan, saat ini sudah ada 14 mitra agen di Semarang dan Kendal, ungkap mas Panji. Dia berharap ke depan bisa membuka lapangan kerja lebih banyak lagi.

Salah satu kunci sukses mas Panji adalah apa yang dia istilahkan “bisnis yang bermartabat”, yaitu melaksanakan syariat Islam, mengeluarkan zakat dan shadaqah, memberikan semua hak konsumen, menghargai karyawan, serta menghindari hutang. Dia mencontohkan sejak awal ketika mau membuka bisnis ini dia menitipkan shadaqah di Lazismu, juga memberi santunan anak-anak yatim. Dan khusus untuk cuci mukena dan sajadah dia berikan gratis, tanpa harus membayar jasa cucian. (cak San)