Gandeng Gerai Raksasa Alfamidi, Lazismu Salurkan Donasi Konsumen

0
286
lazismu kerjasama dengan alfamidi

JAKARTA – Lazismu Pusat menjalin kerjasama dengan Alfamidi sepanjang bulan September & Oktober 2020. Program Kemitraan Lazismu Pusat ini rencananya juga akan dilanjutkan dengan Alfamart pada November & Desember 2020. Uang receh kembalian konsumen yang berbelanja di Alfamidi akan ditawarkan untuk didonasikan kepada Lazismu.

Program kemitraan dengan Alfamidi adalah salah satu program besar yang dijalankan oleh Lazismu. Pasalnya, uang hasil donasi dari Alfamidi relatif besar. Di tahun 2018, Lazismu sudah menjalin kemitraan dengan Alfamart selama satu tahun penuh.

Pada paruh pertama tahun 2019, Lazismu kembali menjalin kerjasama serupa dengan Alfamidi. Sedangkan pada November & Desember 2019, Lazismu kembali menjalin kerjasama dengan Alfamart. Setiap bulan, rata-rata Alfamidi bisa melaporkan donasi sekitar 500 – 600 juta rupiah. Sedangkan untuk Alfamart bisa sampai 700 bahkan 900 juta.

“Pada tahun 2020, masing-masing 2 bulan. Alfamidi di September & Desember, sedangkan Alfamart November & Desember,” ujar Edi Muktiyono, Corporate & Retail Fundraising Lazismu Pusat.

Program yang disepakati antara Lazismu dan Alfamidi adalah bahwa uang hasil donasi akan digunakan untuk pembangunan masjid dan membangun UMKM di sekeliling masjid. “Mustadh’afin di sekitar masjid difasilitasi dengan UMKM agar masjidnya makmur dan masyarakat di sekitar masjid juga makmur,” lanjut Edi melalui saluran telepon.

Program ini kemungkinan akan dilaksanakan di wilayah Jawa Timur. Program kemitraan bertujuan untuk membangun kerjasama antara Lazismu dengan mitra dalam rangka membantu sesama, meningkatkan kemampuan UMKM, mengentaskan kemiskinan, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan lain-lain. 

“Program-program kemitraan dilaksanakan untuk banyak hal. Bisa untuk beasiswa pendidikan, membantu guru honorer yang gajinya masih 300 ribu per bulan, bantuan kesehatan, bantuan sosial, dan kebencanaan. Seperti di Lombok dan Palu, Alfamidi bersama Lazismu juga turun tangan secara all out. Hal ini juga mengedukasi masyarakat untuk bersedekah melalui recehan mereka, dalam rangka mengembangkan jiwa sosial masyarakat,” imbuhnya.

Selama ini, Lazismu sudah menjalin kerjasama dengan Idolmart, Wardah, Telkom, Bank Mega Syariah, Bank Permata Syariah, Bank BSB Syariah, dan lain-lain.

“Dengan Wardah, kita sudah bertahun-tahun bekerjasama. Dan donasi zakat perusahaannya besar. Dengan CT Corp. juga besar,” lanjutnya.

Edi menyampaikan bahwa di masa pandemi, tantangan masyarakat menjadi sangat besar karena pendapatan dan daya beli turun. Maka, Lazismu harus mencari peluang-peluang yang bisa menghasilkan dana dalam rangka membantu sesama.

BACA JUGA : Paket Sembako Dari Lazismu Magelang Untuk Dhuafa

Sumber : lazismu.org