Lazismu Banyumas Sembelih Kurban di Lereng Slamet

0
483

LAZISMUJATENG.ORG  – Pada 10 Dzulhijjah 1438 H yang bertepatan dengan hari Jum’at 01 September 2017, Lazismu Banyumas sukses gelar kegiatan Bakti Sosial (BAKSOS) dan Qurban yang bertemakan “Nusantara Berkurban Untuk Indonesia Berkemajuan (NBIB).”

Lazismu Banyumas persembahkan dua (2) ekor sapi dan satu (1) ekor kambing untuk dikurbankan di Dusun Sunyalangu kecamatan Karanglewas, yang terpusat di grumbul Walangsanga. Sedangkan bakti sosial diisi dengan kegiatan bazar pakaian murah, pembagian 200 paket sembako gratis dan training motivasi untuk anak-anak. Selain itu, pada malam hari raya, kegiatan juga diramaikan dengan kegiatan pawai obor keliling komplek Walangsanga.
Baksos dan Kurban NBIB dilaksanakan dengan dukungan dari banyak pihak. Ikatan Mahasiswa Muhammadiyaah (IMM) koorkom UM Purwokerto ikut andil dalam kegiatan dengan menyumbangkan satu (1) ekor sapi. Tidak ketinggalan, Ikatan Pelajar Muhamamdiyah (IPM) SMA Muhamamdiyah 01 Purwokerto juga aktif mengambil peran dalam bermacam kegiatan. Satu (1) ekor sapi juga turut dikurbankan untuk memaksimalkan kegiatan tersebut.
Kegiatan Baksos dan Kurban NBIB dilakukan di daerah 3T, yaitu Terluar, Terdepan dan Tertinggal. Hal ini bertujuan agar daging kurban dan bantuan lain tersalurkan secara tepat sasaran untuk orang yang benar-benar membutuhkan. “Kita ingin kegiatan ini bisa sesuai dengan tupoksinya, yaitu membantu masyarakat,” kata Sabar selaku direktur Lazismu Banyumas. Dan berdasarkan letak geografisnya, Sunyalangu adalah daerah yang terletak di lereng gunung Slmaet sebelah selatan yang cukup sepi dan jarang terjangkau oleh masyarakat lain secara umum. Perlu waktu tempuh mencapai satu atau dua jam untuk bisa sampai ke Sunyalangu.
Pimpinan Ranting Sunyalangu menerima kegiatan tersebut dengan baik. Arif Mahfud menucapkan ucapkan terimakasih kepada Lazismu yang telah hadir di MI Muhammadiyah Sunyalangu.
Di akhir kegiatan, Arif mengungkapkan harapannya atas efek yang timbul dari adanya kegiatan Baksos dan Kurban NBIB ini. “Semoga bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat sini untuk berkurban di tahun berikutnya,” harapnya. [jik]