Lazismu Realisasikan Program Wonosobo Air Bersih

0
450

LAZISMUJATENG.ORG – Wonosobo, program Wonosobo Air Bersih Lazismu ditujukan untuk memberikan fasilitas bagi keluarga tidak mampu. Penerima program saat ini yaitu keluarga Mbah Samsudin yang beralamat di Kleyang Bawah rt.7/1 desa Pungangan kecamatan Mojotengah. Program Wonosobo Air Bersih Lazismu meliputi  instalasi air bersih PDAM dan sanitasi Sapitank serta renovasi kamarmandi.

Manager Lazismu Tabah S. Pambudi menjelaskan bahwa program Wonosobo Air Bersih adalah bagian dari ikhtiar dalam memberikan pelayanan terhadap keluarga tidak mampu. Menurutnya, air bersih merupakan kebutuhan pokok yang tidak bisa dihindari oleh siapapun. “dan saat ini instalasi air bersih PDAM di rumah Mbah Samsudin dan setelah ini akan kita usahakan untuk direalsiasikan di keluarga tidak mampu yang lain” tegas Tabah (6/11/2017).

Tabah menceritakan bahwa Mbah Samsudin adalah perempuan lanjud usia yang tinggal bersama menantu (Suprihatin) dan seorang cucunya. Kehidupan sehari-hari hanya mengandalkan uang pensiunan almarhum suaminya yang pernah tugas di dinas pengairan. Untuk mendapatkan air bersih, mereka harus mengambil di mata air yang cukup jauh dari kampung tempat tinggal. “sebenarnya saluran air gratis milik masyarakat yang diambil dari mata air bisa sampai kerumahnya, tapi karena tidak ada yang kontrol apa kesumbat atau putus jadi airnya sampai sekarang tidak bisa ngalir lagi” tuturnya

Serah terima program Wonosobo Air Bersih dilaksanakan dirumah Mbah Samsudin yang dihari oleh tetangga dan pemuda setempat. Program Wonsobo Air Bersih di desa Pungangan Mojotengah atas kerjasama dengan baitul Maal BMT Marhamah dan donatur masyarakat. Kedepan, lazismu akan bekerjasama dengan masyarakat dan lembaga agar program tersebut terus berlanjud dan memberi kebermanfaatan bagi keluarga tidak mampu.