logo

Nov 14 2023

3 Pekan Himpun Rp. 10 Miliar untuk Palestina, Bagaimana Bantuan Kemanusiaan dapat Tersalurkan ke Palestina?

LAZISMUJATENG.ORG, Semarang – Alhamdulillah selama 3 pekan melaksanakan penggalangan dana kemanusiaan untuk saudara kita di Palestina, Lazismu Jawa Tengah telah berhasil menghimpun dana sejumlah Rp 10.149.042.654 sebagai bantuan kemanusiaan kepada rakyat Palestina.

Hal ini bukanlah kali pertama Lazismu berupaya dalam membantu saudara kita di Palestina. Kurang lebih sejak 2018, Lazismu telah melakukan penyaluran program terpadu dalam memberdayakan Palestina untuk pulih. Lazismu telah menyalurkan sejumlah Rp 27.806.428.028 dalam kurun waktu tersebut.

Dalam memaknai peristiwa yang terjadi saat ini, Lazismu turut berduka dan mengutuk atas tindakan penyerangan yang tidak berkesudahan. Seperti dilansir dari lazismu.org, Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si., menegaskan, solusi dari konflik yang terjadi di Palestina adalah dengan menghentikan peperangan di sana. Ia mengingatkan, seberapa pun besarnya berbagai ikhtiar sosial kemanusiaan, seperti penghimpunan dana dan berbagai langkah lain yang dilakukan oleh negara-negara di dunia tidak akan ada artinya jika konflik ini tidak disudahi.

Lazismu selanjutnya berupaya membantu pemulihan rakyat Palestina melalui Program Muhammadiyah Aid – Palestine Community Empowerment. Program ini bertujuan memberdayakan sekitar 550 KK.

Program terpadu tersebut terdiri atas:

  1. Budidaya Lebah Madu
  2. Pelatihan Beternak Ayam
  3. Pelatihan Pertanian
  4. Pelatihan Menjahit
  5. Pelatihan Tata Boga
  6. Pelatihan Pengembangan Peternakan
  7. Pelatihan Ternak Kelinci
  8. Pelatihan Bertani Berbasis Greenhouse
  9. Reparasi Hand Phone
  10. Pelatihan Tanam Pohon Produktif
  11. Pelatihan Design Grafis
  12. Pelatihan Fotografi
  13. Pelatihan Distribusi Hewan Ternak
  14. Pelatihan Distribusi Ayam ke Petani yang Terdampak
  15. Pelatihan Reklamasi Lahan Pertanian

Akan tetapi menindak situasi saat ini akan terbatas dan daruratnya kebutuhan dasar, Lazismu menyalurkan bantuan dengan menyeseuaikan kondisi di lapangan. Lantas bagaimana bantuan masyarakat untuk warga Palestina dapat tersalurkan hingga ke Palestina? Pada dasarnya karena terbatasnya akses serta kondisi di lapangan, Lazismu selalu berupaya untuk menyalurkan bantuan kepada mitra yang profesional, terpercaya dan tercepat. Selama beberapa program penyaluran yang berjalan sebelumnya, Lazismu berkolaborasi bersama mitra-mitra lokal untuk menyalurkan bantuan obat dan makanan ke daerah-daerah di Palestina.

Baca Juga : LAZISMU GELAR RAKERNAS 2024

Selain itu, Lazismu juga turut menyalurkan bantuan melalui pemerintah Republik Indonesia dengan mengirimkan family-kit, medis, sandang-pangan dan RendangMu (daging olahan hasil kurban masyarakat). Pengiriman tersebut dilepas langsung oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo, menggunakan Pesawat TNI C-130 Hercules. Bantuan tersebut akan dikirimkan ke Palestina melalui MER-C (Medical Emergency Rescue-Committee) yang berada di Mesir.

Ketua Lazismu Jawa Tengah, Dwi Swasana Ramadhan S.E., M.SEI., Ak. menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua donatur yang telah berkontribusi dalam penggalangan dana ini. Menurutnya, dana yang terkumpul akan memberikan dukungan nyata kepada masyarakat yang sedang mengalami penderitaan, terutama di Palestina. Dukungan dan sumbangsih masyarakat akan terukir sebagai sejarah dalam turut mewujudkan perdamaian bagi masyarakat Palestina.

Ketua PWM Jawa Tengah, Dr. KH. Tafsir, M. Ag. menjelaskan bahwa bantuan ini merupakan wujud keprihatinan masyarakat terhadap kondisi kemanusiaan di Palestina. Dia juga berharap agar peperangan yang terjadi di Palestina saat ini segera berakhir dan terwujudnya perdamaian dan keamanan bagi rakyat Palestina. ”Kegiatan penggalangan dana ini mendapat dukungan besar dari masyarakat Jawa Tengah, serta berbagai pihak yang peduli terhadap kemanusiaan. Dalam situasi ini, Muhammadiyah bersama Lazismu berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam upaya membantu mereka yang membutuhkan, serta mendorong perdamaian dan kesejahteraan di wilayah-wilayah yang terkena dampak konflik.

lazismu Jawa Tengah putih

Our Maps

© 2024 Lazismu Jawa Tengah