Bencana Longsor Di Kecamatan Lumbir, Banyumas, Lazismu Banyumas Merespon Cepat Dengan Memberikan Bantuan Berupa Ketahanan Pangan Dan Uang Tunai

0
619
longsor lumbir banyumas

LUMBIR – Ketika masyarakat Banyumas sedang diuji Allah SWT melalui pandemi Covid-19 yang sampai sekarang belum usai. Hal tersebut berdampak terhadap ekonomi dan ketahanan pangan masyarakat yang serba sulit. Musibah lain menimpa saudara kita yang berada di Desa Lumbir kecamatan Lumbir, Banyumas, saat tanah longsor menimpa 3 rumah disana. Tanah bergerak kebawah dan menimbun rumah warga hingga rata.

longsor lumbir banyumas

Peristiwa itu terjadi pada hari Jumat, 8 Mei 2020 bermula saat hujan deras turun disore hari. Akibatnya 3 rumah di RW 04 Desa Lumbir tertimbun tanah longsor. Bersyukur tidak ada korban jiwa karena saat kejadian penghuni rumah berhasil diamankan dengan cepat. Namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Ditengah kondisi serba sulit, 3 keluarga yakni keluarga bapak Tarjo, Taufik dan Gito sulit mencukupi kebutuhan karena tidak bekerja. Mereka memiliki anggota keluarga yang harus dinafkahi. Saat ini mereka tengah mengungsi ke rumah tetangganya. LAZISMU BANYUMAS melalui Kantor Layanan (KL) Lazismu PC Aisyiyah Lumbir langsung merespon musibah tersebut dengan membantu meringankan beban korban. Dengan program tanggap darurat bencana, Lazismu salurkan bantuan ketahanan pangan dan uang tunai untuk bantuan makan karena saat itu bentuk bantuan tersebut yang paling urgent.

longsor lumbir banyumas

Kejadian ini terus berlanjut, 2 rumah yang berada diatas longsoran tanah juga ikut rusak karena tanah terus bergerak dan longsor. Musibah ini tengah berada didalam penanganan dan kordinasi pemerintah melalui BPBD.

Bencana alam merupakan ujian dari yang maha Kuasa. Kewajiban kita adalah memberikan simpati yang tumbuh menjadi empati dengan melakukan kepedulian. Minimal doa serta berbagi riski kita untuk menolong mereka yang tengah kesulitan.

BACA JUGA : Tetap Berbagi Ditengah Pandemi, Pemuda Muhammadiyah Kandeman Bagikan 1000 Takjil Dan Santuni 88 Anak Yatim

Sumber : Lazismu Banyumas