Berdayakan Srikandi Tangguh, Lazismu Jawa Tengah Bersama MTT Jateng-DIY Salurkan Program Pemberdayaan Ekonomi “Suket Ijo”

0
141

LAZISMUJATENG.ORG, Batang- Lazismu Jawa Tengah terus berupaya untuk merubah yang tidak bernilai menjadi berdaya guna. Kali ini Lazismu menggandeng Majelis Telkomsel Taqwa Regional Jateng dan DIY untuk menyalurkan Program Pemberdayaan Ekonomi kepada Kelompok Peternak “Suket Ijo”

Kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu, 12 Juli 2023 yang bertempat di Desa Sodong,Kecamatan, Wonotunggal Kabupaten Batang

Turut hadir dalam kegiatan Agus Alwi Mashuri Selaku Manajer Fundraising Lazismu Jawa Tengah beserta tim, Sarif Khiftanul Bachri selaku Manajer Lazismu Batang beserta tim, Wahyu Hartono selaku perwakilan  dari MTT Regional Jateng dan DIY dan Ketua “Suket Ijo” Nur Khasanah beserta sejumlah anggota

Sebagai informasi Suket Ijo merupakan kelompok peternak yang mengelola program Ternak Mandiri yang diluncurkan pada 21 Maret 2021 lalu di Hutan Losari Sodong Wonotunggal, Kabupaten Batang. Program ini bertujuan mendorong peternak mengembangkan usahanya dengan pendampingan secara rutin. Para peternak dibekali keterampilan cara beternak yang sesuai dengan standar agar dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian.

Nur Hasanah selaku Ketua Kelompok Suket Ijo menjelaskan, “nama Suket Ijo dipilih selain agar mudah diingat, juga agar memberikan semangat. Suket Ijo merupakan singkatan dari Sabar Ulet Kreatif Ekonomis Terampil, Ikhlas, Jujur, dan Optimis. Nama Suket Ijo menjadi doa sekaligus visi-misi yang diharapkan dapat menjadi spirit dalam berusaha mewujudkan cita-cita anggotanya”.

“Kumpulan tukang ngarit ini berawal dari kesepakatan ibu-ibu dan mbak-mbak yang kebetulan sering kumpul di Nasyiatul Aisyiyah. Karena memiliki nasib yang sama sebagai tukang ngarit, maka kami sepakat membentuk kelompok Suket Ijo,” ungkap Nur Khasanah.

“Terima kasih kepada Lazismu Jawa Tengah dan MTT Regional Jateng-DIY selaku mitra atas bantuan zakat yang disalurkan kepada kelompok kami, kami berharap bantuan ini terus berkelanjutan untuk mensupport kami, sehingga kelompok kami dapat terus berkembang hingga meraih kemandirian” pungkas Nur Khasanah.

Dalam sambutannya Wahyu menuturkan, pada kesempatan kali ini Alhamdulillah bisa bersinergi dengan Lazismu Jawa Tengah. Mudah-mudahan zakat dari MTT Regional Jateng-DIY ini bisa bermanfaat untuk para penerima dan mudah-mudahan bisa berkembang terutama disini di Daerah Sodong untuk ibu-ibu petani dan peternak Suket Ijo

Alwi menyampaikan “Syukur dan bahagia kami bisa silaturahmi di majelis ini bersama teman-teman kelompok Ternak Suket Ijo yang luar biasa ini. Dengan mendengar ceritanya sudah merinding apalagi nanti saat melihat langsung.

“Terimakasih kami haturkan kepada Pak Wahyu selaku perwakilan dari MTT Regional Jateng-DIY yang hari ini membersamai kami dalam kegiatan penyaluran pemberdayaan UMKM. Kita sebagai Lazismu berkomitmen untuk benar-benar menjadi Lazismu yang terpercaya, kami berkeinginan kepercayaan ini juga bukan hanya dari individu, tapi juga dari Lembaga-lembaga seperti MTT dan mitra korporasi lain” ujar Alwi

Alwi menambahkan, “Kami ingin menyampaikan bahwa pengelolaan zakat yang dititipkan kepada kami itu insyaa Allah mayoritasnya akan disalurkan untuk program pemberdayaan, maka insya Allah rekan-rekan yang kita titipi atau penerima manfaat akan mendapatkan sesuatu atau melakukan sesuatu yang menghasilkan dana dari pemberdayaan, kemudian berdana dan akhirnya berdaya”.

Lebih lanjut Alwi memaparkan, “inilah yang menjadi mimpi kami, bagaimana kita bisa mengubah yang tadinya bukan siapa-siapa menjadi sesuatu yang besar, itu yang kami impikan, jadi insyallah program-program kami adalah program yang kita  arahkan untuk pemberdayaan, akan kita berdayakan para Srikandi Tangguh untuk merubah mindset beternak tradisional menjadi professional sehingga meningkatkan kesejahteraan”. (Syem)