Dukung Penanganan Pasca Gempa Cianjur, Muhammadiyah Kabupaten Pekalongan Kirim Tim Medis dan Gawe Rumah

0
236

LAZISMUJATENG.ORG, Pekalongan – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pekalongan turut berpartisipasi dalam tanggap darurat penanganan bencana gempa bumi di Cianjur dengan mengirimkan tim medis dan tim Gawe Rumah. Hal tersebut disampaikan Sekretaris PDM Kabupaten Pekalongan, Drs. Burhanuddin, saat melepas keberangkatan tujuh relawan Tim Gawe Rumah (GR) Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) Kabupaten Pekalongan ke Cianjur pada Senin, 19 Desember 2022 di halaman Kantor Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Pekalongan, jl. Pahlawan No. 10, Gejlik, Kajen.

Dalam sambutannya, Burhan, berpesan kepada para relawan agar dapat melaksanakan tugas dengan baik, selalu berkoordinasi, konsultasi dan memberikan laporan agar keberadaan para relawan disana dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Burhan juga berharap agar kehadiran para relawan Tim GR Kokam Kabupaten Pekalongan tersebut dapat membantu mewujudkan target yang sudah direncanakan, yaitu membuat 500 hunian darurat yang ditargetkan dapat selesai hingga bulan Februari.

“Hunian darurat yang dibangun saat ini sudah mencapai 300 hunian, mudah-mudahan dalam jangka waktu dua minggu ini dapat terwujud menuju penyelesaian yang ditargetkan sampai di bulan Februari”, ungkap Burhan.

Burhan juga berharap agar para relawan Muhammadiyah Kabupaten Pekalongan yang diberangkatkan ke Cianjur selalu diberikan kesehatan selama berada disana, hingga sampai kembali ke rumah.

Sementara itu, Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah (LPB) atau Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kabupaten Pekalongan, M. Rofiansa Sulthon, menyampaikan bahwa pemberangkatan tim relawan Muhammadiyah Kabupaten Pekalongan ke Cianjur merupakan tindak lanjut dari hasil koordinasi dengan LPB Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah dalam rangka mewujudkan target pembangunan 500 hunian darurat dalam tahap rehab rekon hingga tanggal 6 Februari 2023. Sulthon juga menyampaikan bahwa Muhammadiyah Kabupaten Pekalongan juga telah mengirimkan Tim Medis dari RSI Muhammadiyah Pekajangan yang telah diberangkatkan pada tanggal 10-18 Desember 2022 dan telah mendarat di Pekalongan tadi malam pukul 23.20.

Pada pemberangkatan relawan tersebut, Lazismu Kabupaten Pekalongan menyerahkan bantuan operasional sebesar Rp. 13.150.000 yang diserahkan Manager Lazismu Kabupaten Pekalongan, Ir. Akhmad Zaeni. Sebelumnya, Lazismu Kabupaten Pekalongan juga telah memberikan bantuan sebesar Rp. 5.608.000 kepada Tim GR Kokam Kabupaten Pekalongan untuk melengkapi peralatan yang akan digunakan dalam pembangunan hunian darurat di Cianjur