Kolaborasi Apik Lazismu Pati dengan Ikatan Keluarga Minang : Berbagi Kebahagiaan bersama Anak Yatim

0
34

Pati, Lazismujateng.org – Suasana damai nan membahagiakan adalah kondisi yang terjadi saat kegiatan santunan anak yatim dan buka puasa bersama yang dilaksanakan Lazismu Pati berkolaborasi dengan Ikatan Keluarga Minangkabau Pati yang diselenggarakan di Masjid Moch Dahlan Pati pada hari Kamis, 21 2022

Turut hadir dalam kegiatan Bapak Asnawi S.Ag. ME selaku Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pati, Bp. H. Haryanto, SH., MM., MSi. selaku Bupati Pati, Harisman SH, MKn selaku Ketua IKM Pati Lazismu Pati berjumlah 12 orang, Kapolsek Pati, Kesbangpol Pati, Lurah Kaborongan Pati, 71 Anak Yatim dan 40 Ikatan Keluarga Minangkabau dari total 300 total anggota yang ada di Kabupaten Pati.

Kegiatan santunan dan buka bersama ini diadakan dengan tujuan untuk mempererat Ukhuwah Islamiyah dan berbagi kebahagiaan bersama masyarakat yang kurang mampu agar bisa merasakan kebahagiaan bersama .

Kegiatan diawali dengan tilawah yang dibacakan oleh Ananda Rizqiya Najwasaidah dari MI Muhammadiyah Wonorejo, Tlogowungu Pati, kemudian dilanjutkan dengan Santunan secara Simbolis oleh Bapak Bupati Pati dan dilanjutkan Tausyiyah oleh Bp. Ahmad Syarif, S.Th.I, ditutup dengan berbuka bersama.

Harisman SH, MKn selaku Ketua Ikatan Keluarga Minang (IKM) Pati menuturkan “IKM merupakan organisasi Minang tingkat Nasional dimana setiap daerah selalu ada IKM sesuai nama Kota. Santunan ini, sudah terlaksana 2 kali di Kabupaten Pati dibulan Ramadhan yang bekerja sama dengan Lazismu Pati”.

“Kegiatan sosial ini merupakan agenda menyisihkan sebagian harta untuk anak anak yatim yang membutuhkan”, tuturnya.

Sementara itu Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pati Bapak Asnawi S.Ag. ME juga menuturkan “Lazismu Pati merupakan lembaga Zakat yang telah terakreditasi WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). Meskipun Kantor tingkat daerah Lazismu di Kabupaten Pati baru berusia 4 tahun, namun telah memiliki target penghimpunan di bulan Ramadhan 1443 yang tinggi diKabupaten Pati, yaitu 700 juta yang semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan di Kabupaten Pati”.

Bupati Pati Bp. H. Haryanto, SH., MM., MSi. menyambut baik kegiatan ini, karena masih banyak diluar sana yang kurang memperhatikan anak yatim. Meskipun IKM dari luar daerah Pati, namun tetap peduli kepada anak yatim di Kabupaten Pati.

Kolaborasi apik seperti ini bisa dilakukan secara Istiqomah, karena selain memperkuat tali persaudaraan antar sesama, kegiatan ini memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat.