Lazismu gelar Rakornas Demi Pencapaian SDG’s ,

0
1380

 

LAZISMUJATENG.ORG , SEMARANG – Mengusung tema ‘Penguatan Akuntabilitas Lazismu Menuju Pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s)’, Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) menggelar Rakornaspada 3-5 November 2017. Rakornas Lazismu akan digelar di New Metro Hotel, Semarang.

Ketua Badan Pengurus Lazismu, Hilman Latief mengemukakan SDG’s adalah 17 tujuan pembangunan berkelanjutan dengan 169 capaian terukur yang telah ditentukan oleh PBB sebagai agenda pembangunan untuk kemaslahatan manusia dan makhuk hidup di muka bumi.

“Sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional, Lazismu turut mendukung pencapaian SDG’s melalui pengembangan berbagai program pendayagunaan,” kata Hilman.

Membangun sinergi dan kemitraan program menjadi salah satu pencapaian penyelenggaraan Rakornas tahun ini.

Program – program Lazismu sangat luas dan komprehensif. Hal ini disampaikan Direktur Utama Lazismu, AndarNubowo.

Ada tiga kategori besar yang dijalankan yaitu pendidikan, ekonomi kreatif, dan advokasi termasuk untuk buruh migran. Karena luas, Lazismu membuka diri untuk bermitra dengan siapa pun,” urainya.

Secara kultur, mitra Lazismu adalah Muhammadiyah. Karena inklusif, Lazismu juga bekerjasama dengan Tim Nasional Percepatan Penaggulangan Kemiskinan (TNP2K), KontraS, Migran Care, dan lembaga swadaya masyarakat lainnya. Sinergi Lazismu dengan mitra terpercaya bermakna ekosistem zakat, infak, sedekah, danwakaf (ziswaf) pun menyeluruh.

Lazismu optimis akan terus berkembang sebagai lembaga zakat yang amanah, profesional, daninovatif. Potensi zakat masih memiliki peluang besar untuk digali penghimpunannya. Peluang-peluang potensial ini salah satunya melalui momentum kurban.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pada event kurban tahun ini Lazismu juga berkolaborasi dengan salah satu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia.

Lazismu memiliki program kurban nasional yang penyalurannya untuk penerima manfaat di kawasan terluar, terdepan dan tertinggal(3T).

Program kurban di kawasan 3T mensaratkan kolaborasi dan kebersamaan agar mereka yang jauh dari akses dapat merasakan kebahagiaan. Tidak terkecuali, mereka yang tinggal di kawasan padat penduduk, kumuh dan kantong-kantong kemiskinan lainnya.

Memperluas cakupan penerima manfaat ketujuan pembangunan berkelanjutan, pada aksi kemanusiaan untuk Rohingya, Lazismu menghimpun dana mencapai Rp 20milyar lebih.

PimpinanPusat (PP) Muhammadiyah denganbendera Muhammadiyah Aid telah mengirim tim medis ke Distrik Cox’s Bazar, Bangladesh untuk membantu pengungsi etnis Rohingya yang terusir dari Provinsi Rakhine, Myanmar.

Tim Muhammadiyah Aid terdiri dari perwakilan Lazismu Andar Nubowo, perwakilan dari MDMC Abdoel Malik R dandr Corona Rintawan yang beranggotakan dua dokter dan empat perawat tiba di Bangladesh pada 23 September 2017 lalu.

Jenislayanan yang Muhammadiyah Aid lakukanadalahlayanankesehatan primer danrawatlukasederhana.

Pemberianantiobiotikdancairanoralit kami berikankepadasetiapanak yang menderitapenyakitdiareuntukmencegahdehidrasi.Setiapharipasien yang datangberjumlahsekitar 250 orang danjumlahinibertambahterus.

Lewat wawancara eksklusifa ntara tim media Lazismu dengan Dr Corona, tim medis Muhammadiyah Aid juga memberikan nutrisi bagi ibu hamil dan menyusui termasuk anak-anak balita, yang bekerjasama dengan mitra lokal. Hal ini dilakukan agar layanan kesehatan yang diberikan memiliki nilai manfaat secara holistik.

 

Info lebihlanjut:

http://www.lazismu.org/

Media Center

LembagaAmil Zakat InfakdanSedekahMuhammadiyah (Lazismu)

Mobile :081298249567 (Nazhori Author) &089653649108 (NunungDwi Vera)