Lazismu Purbalingga Salurkan Hewan Kurban di Daerah 3 T

0
726

LAZISMUJATENG.ORG – PURBALINGGA: Penyaluran hewan kurban yang telah berjalan selama 3 tahun oleh Lazismu Purbalingga itu, lebih menekankan pada pemerataan di kawasan 3 T. Pernyataan tersebut disampaiakn Direktur Lazismu Purbalingga Andi Pranowo.

“Yaitu didaerah atau Desa terluar, terdepan dan tertinggal yang tersebar diempat Kecamatan. Terluar adalah kawasan pinggiran atau paling luar dari daerah di sana, terdepan kawasan paling ujung depan atau kawasan perbatasan, dan kawasan tertinggal adalah rendahnya ekonomi, akses, serta pengetahuan masyarakat,” kata Andi, Sabtu (2/9/2017).

Melalui Program Qurban Bersama Untuk Sesama, sambung Andi, Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Purbalingga, pada Hari Raya Idul Adha 1438 H menyalurkan 1 ekor sapi bantuan dari Bupati Purbalingga, Tasdi dan 8 ekor kambing dari warga masyarakat.

Menurut Andi, kegiatan yang berlangsung dalam pada hari Kamis – Jumat (31/8 – 1/9/2017) atau 2 hari 1 malam itu bebeberpa diantara agenda kegiatannya dipusatkan di Desa Wlahar, Kecamatan Rembang.

Sebelumnya pada hari Kamis (31/8/2017), lanjut Andi, telah di awali dengan acara Dongeng Bersama Kak Jumbo tentang indahnya berkurban bersama anak-anak TPQ at Takwa. Kemudian dilanjutkan dengan takbir keliling dan Pengajian Akbar Bersama Drs Sobri Arafah.

“Dan hari Jumat kemarin kami sholat Idul Adha yang dilanjutkan kegiatan Bazar Pakaian Layak Pakai, Pengobatan Gratis bersama RS PKU Muhammadiyah Bobotsari serta pemotongan dan pembagian hewan kurban,” Kata Andi.

Dari tahun ke tahun Lazismu Purbalingga berusaha menjangkau kawasan yang minus pemotongan hewan kurban. Seperti di Padukuhan Liru, Desa Binangun dan di Desa Sangkanayu, Kecamatan Mrebet.

Kemudian di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, di Desa Bumisari, kecamatan Mrebet dan di Desa Wlahar, Kecamatan Rembang.

Dengan pelaksanaan program tersebut, Ia berharap dapat berdampak positif sebagai stimulan bagi warga masyarakat setempat. Sehingga tahun depan masyarakat merasa tergugah untuk berkurban.

Sementara itu Ketua Pengurus Lazismu Purbalingga, Jawa Tengah H Muakhor AS megatakan, penyaluran hewan kurban di daerah 3 T telah menjadi komitmen Lazismu purbalingga.

“Ini menjadi Visi kami untuk bagaimana menebar daging kurban kebeberapa kawasan yang memang tidak merata di Kabupaten Purbalingga,” kata Muakhor.(*)