Masifkan Galang Dana Secara Digital Lazismu Jawa Tengah Adakan Pelatihan Fundraisng Digital, Diikuti 33 Daerah dan 8 Kantor Layanan Lazismu

0
67

Sebagai upaya galang dana di era digital dan persiapan menghadapi tsunami gigital di masa yang akan datang Lazismu Jawa Tengah Kolaborasi dengan Kitabisa.com adakan pelatihan Fundraisng Digital yang dipandu langsung oleh Badan Pengurus Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan tim Kitabisa.com yang menjadi NGO koordinator Wilayah Jawa Tengah.

Pelatihan dilaksanakan di Gedung Nursing Centre (NRC) Universitas Muhammadiyah Semarang pada hari Selasa 25/01/2022. Kegiatan berjalan dengan lancar dan diikuti oleh 52 peserta dari 33 Daerah dan 8 kantor Layanan Lazismu yang dibawah naungan Kanwil Lazismu Jawa Tengah.

Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk ikhtiar agar seluruh Daerah dan Kantor Layanan Lazismu yang berada dibawah naungan Kanwil Lazismu Jawa Tengah dapat menggalang dana melalui platform digital (Kitabisa.com) dengan terstuktur dan terkoordinir. Kanwil berkolaborasi dengan tim Kitabisa.com akan berusaha menyiapkan dan memfasilitasi kebutuhan yang tentunya dapat menunjang keberlangsungan pembuatan campaign dan penggalangan dana secara digital.

Rangakaian acara dimulai dari pembukaan, yang dibuka langsung oleh Ikhwanushoffa selaku manajer Area Lazismu Jawa Tengah. Dalam kesempatannya Ikhwanushoffa menuturkan “kita saat ini mau belajar bersama untuk fundraising digital, kita masih sangat belajar kalo disini, jadi kita sudah jamak paham, nglotok lah bahwa fundraising itu ada tiga jenis ritel, corporasi dan dital. Kita sudah paham semua lah tentang itu, nah cuman dalam planing saya memang, minimal dari ketiga jenis itu ritel tetap ada. Selama syariat shalat berjama’ah itu tidak dihapus, itu saya yakin kita masih bertahan, walaupun prosentasenya nanti mengecil, tetapi saya yakin tidak hilang, maka yang tidak hilang itu kita harus ada disana dulu, jangan sampai digital kita belum kena ritelnya hilang”.

Kemudian dilanjutkan materi sesi satu yang disampaikan oleh Joko Irtanto selaku Badan Pengurus Lazismu Pusat, setelah itu dilanjutkan materi sesi dua yang disampaikan oleh Ikhwan Al-Ayubi dan Muhammad Rijal selaku NGO tim Kitabisa.com koordinator Wilayah Jawa Tengah, lalu pasca Ishoma dilanjutkan dengan praktik penyusunan campign dan RAB.

Joko Irtanto selaku Badan Pengurus Lazismu Pusat menyampaikan “Jangan bergantung pada kecanggihan media digital, platform digital dan aplikasi digital. Tanpa admin yang kompeten, media digital, platform digital dan aplikasi digital itu tidak berguna sama sekali”.

Selain itu Joko Irtanto juga menuturkan“Saya mengapresiasi pelatihan ini, sangat luar biasa. Apresiasi kepada seluruh Amil Lazismu Jawa Tengah yang hadir pada kesempatan ini, saya senang peserta yang datang masih muda-muda, masih fress dan tentunya mempunyai semangat yang tinggi sehingga bisa diandalkan untuk galang dana melalui platform digital, tuturnya”.