Muhammadiyah Jateng Kirim Quick Response Tim dan Bantuan untuk Gempa Gempa Cianjur

0
269

LAZISMUJATENG.ORG, Semarang – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah, malam ini akan mengirimkan 17 personil relawan ke lokasi bencana Cianjur Jawa Barat, Selasa (22/11).

Ketua PWM Jawa Tengah Tafsir saat ditemui redaksi menyampaikan dukanya yang sangat mendalam kepada para korban bencana di Cianjur.

 “Kami atas nama Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah menyampaikan duka yang sangat mendalam kepada korban bencana alam yang terjadi di Cianjur Jawa Barat. Untuk itu kami segera mengirimkan beberapa personil relawan yang akan turun membantu dalam respon bencana tersebut,” ungkap Tafsir

“Bantuan ini merupakan wujud kepedulian Muhammadiyah dalam penanganan tanggap bencana, yang kami sering sebut dengan OMOR atau One Muhammadiyah One Respon. Selamat bertugas para relawan Muhammadiyah Jawa Tengah, semoga bantuan ini bisa membantu meringankan beban para korban bencana di Cianjur,” imbuhnya

Dalam respon pengiriman relawan gelombang pertama ini, Muhammadiyah Jawa Tengah mengirimkan sejumlah 17 personil relawan yang akan diberangkatkan malam ini. 17 Personil tersebut terdiri dari 5 tenaga kesehatan (Disaster Mecial Committee), 10 anggota LPB-MDMC, dan 2 staff LazisMu. Tim ini akan bertugas selama 14 hari.

Koordinator Lapangan Tim MDMC Jawa Tengah untuk Respon Gempa Cianjur Donny Halim Mutiasa menambahkan bahwa relawan yang berangkat pada gelombang pertama ini, sesampai di lokasi bencana akan langsung melakukan assesment untuk menentukan respon berikutnya.

“Di samping itu juga akan langsung melakukan pembagian kebutuhan mendesak seperti rendangmu, mineral, selimut, kantong jenazah, terpal serta tenda Huntara,” imbuh Donny.

Sementara itu, Koordinator Lapangan Lazismu Jawa Tengah Nasrul Fauzi menyampaikan Terkait dengan jumlah bantuan yang dikirimkan.

“Sementara, pada gelombang pertama kali ini akan membawa 10 karton Rendangmu, 20 dos air Mineral, 200 selimut, 20 kantong jenazah, 24 terpal serta 24 tenda Huntara,” ujarnya.

Selanjutnya, jumlah bantuan akan disesuaikan oleh kebutuhan di lapangan setelah dilakukan assessment di lokasi bencana.

Ketua MDMC Jawa Tengah saat dihubungi redaksi menyampaikan beberapa paket yang akan digalang dan ditasarufkan kepada penyintas Gempa Cianjur. Di antaranya :

1. Paket hygiene kit

– Sabun mandi
– Sikat gigi
– Pasta gigi
– Sampo
– Sabun cuci piring
– Deterjen
– Handuk
– Gayung
– Ember

2. Paket family kit
– Selimut
– Pembalut wanita
– Minyak kayu putih
– Alat makan (piring, gelas, sendok, garpu)
– Covid kit (masker, hand sanitazer)

3. School kit
– Tas sekolah
– Buku tulis
– Pensil
– Bolpoin
– Penghapus
– Tempat bolpoin
– Penggaris
– Buku gambar
– Krayon

4. Sembako
– Beras
– Gula
– Kopi/teh
– Minyak goreng
– Bumbu dapur
– Kecap
– Saus
– Lauk kering

Semua kemasan nantinya akan dipack dengan kuat dan diberi label bantuan Muhammadiyah sekaligus jenis dan item akan dituliskan pada label.