Peduli Covid-19, Sobat Ambyar Gandeng Lazismu Untuk Distribusi Bantuan

0
538
Penyerahan Donasi #SobatAmbyarPeduli dari Kompas Gramedia Group kepada Lazismu

Konser Amal Dari Rumah yang digelar oleh KompasTV bersama inisiator Didi Kempot pada Sabtu pekan lalu (11/3/2020) berhasil mengumpulkan donasi sejumlah Rp. 7.641.046.346. Jumlah tersebut merupakan akumulasi donasi yang masuk melalui kitabisa.com dan rekening KompasTV.

Donasi Kompas TV dan Sobat Ambyar serah terimanya kepada Lazismu dilakukan di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta. Secara simbolis penyerahan itu dilakukan dari GM Legal dan PR Kompas Gramedia Group Deddy Risnanto kepada Direktur LAZISMU Edi Suryanto (22/4/2020) yang disaksikan langsung secara live dari Yogyakarta dan Jakarta. 

Penyerahan Donasi #SobatAmbyarPeduli dari Kompas Gramedia Group kepada Lazismu
Penyerahan Donasi #SobatAmbyarPeduli dari Kompas Gramedia Group kepada Lazismu

“Lazismu akan sampaikan amanah donatur ini sebagai bantuan yang akan diberikan kepada yang berhak, khususnya masyarakat yang terdampak langsung, seperti tukang ojek, pemulung, dan para guru,” ujarnya sekaligus peluncuran Program Ketahanan Pangan dan Seremoni Penyerahan Donasi dari Kompas TV & Sobat Ambyar.

Donasi Rp 2.122 miliar dari Kompas Gramedia Group yang akan didistribusikan untuk penerima manfaat berupa 3400 paket sembako masing-masing senilai Rp 330 ribu dan 2000 paket uang tunai masing-masing senilai Rp 500 ribu. Lazismu mengucapkan terima kasih kepada donatur (muzaki) dan para pihak lainnya yang telah memercayakan Lazismu sebagai lembaga yang menerima dan menyalurkan donasi selama ini.

Di tempat terpisah, Didi Kempot menyampaikan apresiasi atas kepedulian Sobat Ambyar yang telah menggalang donasi untuk masyarakat terdampak Covid-19.

“Buat teman-teman Sobat Ambyar matur nuwun luar biasa, sampean betul-betul antusias. Tadi juga bergabung bersama kami Ibu Rusmiyati dan anaknya, Camar, yang betul-betul menunjukkan perasaan seorang ibu dan anak. Perasaan di dalam hati menangis karena tidak bisa bertemu dengan anak dalam situasi seperti ini. Kita harus ikhlas untuk kesehatan bersama. Sekali lagi matur nuwun Sobat Ambyar”, ujar Didi Kempot.

Seluruh hasil donasi akan disalurkan dalam dua tahap, yakni pada minggu pertama dan minggu ketiga Ramadhan. Donasi disalurkan melalui sejumlahlembaga sosial dan jaringan komunitas relawan diantaranya, LAZIS Muhammadiyah, LAZIS Nahdatul Ulama, Sobat Ambyar, Jaringan Lintas Iman Untuk Covid-19 (JIC) dan relawan-relawan dari karyawan KG Media.

Kampanye Ramadhan Di Rumah Saja

Merespons hal itu, secara live dari Yogyakarta dan Jakarta (22/4/2020), Agus Samsudin, Ketua Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) PP Muhammadiyah menyampaikan hari ini Muhammadiyah akan mulai kampanye Ramadhan di rumah saja.

Menurutnya akan ada tuntunan untuk pribadi, keluarga, takmir masjid dan pimpinan persyarikatan sendiri di berbagai tingkatan. “Salah satu hal penting yang ingin saya garis bawahi adalah tentang kesalehan sosial sebagai optimalisasi pendidikan dan kaderisasi kelurga,” katanya.

Keterlibatan Lazismu tersebut berangkat dari aktivasi program yang bernama Muhammadiyah Commad Center Covid-19 (MCCC) yang melibatkan majelis, lembaga dan ortom serta telah merekomendasi 20 rumah sakit Muhamamdiyah untuk merespons dan menanggulangi perkembangan dampak Covid-19. (lazismu/na)

BACA JUGA : Muhammadiyah Menginisiasi Lumbung Ketahanan Pangan

Sumber : https://muhammadiyahgl.com/peduli-covid-19-sobat-ambyar-gandeng-lazismu-untuk-distribusi-bantuan/?fbclid=IwAR36u2hMoTEI-EFm10Lay0GmBAZsqiE3Aa9mhmaBFN2OnQ8_9-TBxzwwuFI