Songsong Muktamar, Kedai Taawun PRM Sodong Gelar Bazar Bersubsidi

0
88

Lazismujateng.org, Sodong – Himpitan krisis ekonomi dan melambungnya harga kebutuhan pokok tidak menyurutkan warga Muhammadiyah di Ranting Sodong, kecamatan Wonotunggal, Batang Jawa Tengah, untuk saling berbagi rezeki. Melalui program yang disebut Kedai Taawun, warga Muhammadiyah diberikan kesempatan berinfak untuk meringankan beban ekonomi warga.

Kedai Taawun diinisiasi Remaja Masjid KH Ahmad Dahkan yang dalam pelaksanaannya didukung Pemuda Muhammadiyah dan Nasyiatul Aisyiyah setempat. Kedai Taawun dibuka tiap Jumat dan sudah berjalan selama tiga bulan. Kedai yang berada di kompleks Masjid KH Ahmad Dahlan Dukuh Silegok Desa Sodong Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang ini menyediakan sejumlah kebutuhan pokok mulai beras, gula, sayur, sabun,
buah-buahan, bahkan pakaian layak pakai yang bisa diambil gratis.

Khusus menyambut Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48, Kedai Taawun menyelenggarakan bazar dengan menjual berbagai produk kebutuhan antara lain minyak goreng, gula pasir dan juga pakaian dengan harga subsidi. Tersedia 200 paket masing-masing berisi minyak goreng dan gula pasir.

Inilah kreasi dakwah Muhammadiyah bidang sosial untuk memberi solusi persoalan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan harian, khususnya dalam hal ketahanan pangan. Sesuai namanya, “Taawun” yang artinya saling tolong-menolong antar warga. Siapa yang memiliki kelapangan rejeki bisa berdonasi untuk mensubsidi harga-harga produk yang disediakan Kedai Taawun.

Acara ini disambut warga dengan penuh antusias. Mereka mendatangi lokasi dengan membawa kupon yang telah disediakan panitia. Selain mendapatkan paket bersubsidi, pengunjung juga disuguhi menu makan siang gratis. Kegiatan tersebut selain dapat merekatkan persaudaraan antar warga, diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan dan semangat memakmurkan masjid. (Kawe S)