EMERGENCY MEDICAL TEAM (EMT) PWM JATENG DI POSYAN MUHAMMADIYAH BANJIR SINTANG. KOLABORASI MPKU PWM DAN LAZISMU JAWA TENGAH

0
54

Menyikapi bencana banjir di Kalimantan Barat, yang sudah berlangsung selama hampir satu bulan sejak pekan ketiga bulan Oktober lalu, MPKU PWM JATENG berkolaborasi dengan LAZISMU JAWA TENGAH mengirimkan tim medis.

Pengiriman tenaga medis ini untuk membantu tenaga medis Muhammadiyah setempat dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada warga terdampak banjir

Koordinator medis MDMC, dokter Zuhdiyah Nihayati dalam keterangannya mengatakan tim medis gelombang pertama akan membantu layanan kesehatan di Kalbar dari tanggal 17-24 November 2021 dengan fokus daerah layanan Kabupaten Sintang.

Tim medis yang berasal dari dari Jawa Tengah terdiri dari dokter Hasan RS PKU Muhammadiyah Sruweng, 2 perawat, Rino Tri Prajoko dari RS PKU Muhammadiyah Gombong dan Rika Afifah dari PKU Muhammadiyah Temanggung, bidan Dian Handayani dari PKU Muhammadiyah Temanggung, dan logistik media Tifani Yusuf dari PKU Muhammadiyah Wonosobo.

Layanan kesehatan dilakukan secara mobile, tidak membuka pos layanan kesehatan di satu titik, mengingat penyintas yang tersebar di berbagai lokasi

sebelum tim medis ini datang, layanan kesehatan Muhammadiyah dilaksanakan oleh tenaga medis dari Pokiteknik Kesehatan Aisyiyah Pontianak bersama dengan tenaga medis pemerintah setempat.

Beni, perawat RS PKU Muhammadiyah Sruweng menceritakan sejak datang ke Sintang tanggal 18 November 2021 lalu, timnya sudah melaksanakan 4 kali layanan kesehatan di berbagai titik.

“Penyakit yang diderita warga kebanyakan ISPA, gangguan saluran pencernaan dan penyakit kulit,” kata Beni.

Ketua Poskor Muhammadiyah Kabupaten Sintang, Joko Susilo saat dihubungi mengungkapkan banjir di banyak tempat memang sudah surut. “Alhamdulilah air sudah surut untuk di dalam kota. Jalan utama Lintas Melawi sudah bisa dilalui kendaraan roda dua, tronton dan angkutan umum anti banjir sudah tidak ada lagi,” ujarnya

Menurut Joko, warga saat ini disibukkan dengan aktifitas membersihkan rumah, meskipun ada juga warga yang tetap mengungsi karena tempat tinggalnya masih terendam.

Dengan adanya bantuan tim medis Joko bersyukur karena bisa menggencarkan layanan kesehatan untuk warga. “Karena keterbatasan personil, tenaga medis sangat dibutuhkan disini,” pungkasnya.

Mari berdonasi melalui Lazismu Jawa Tengah untuk mendukung berbagai program sosial kemanusiaan, dengan cara:

  1. Datang langsung ke kantor Lazismu jawa tengah di Jl. Songosari Raya 33 Semarang
  2. Jemput donasi kerumah anda
  3. Transfer Donasi melalui ATM / Bank.

-REK KEMANUSIAAN-
BSI: 77 44 777 113 (ex BSM)
Bank Jateng Syariah: 50 320 143 33
BSI: 66 3300 333 9 (ex BNI Syariah )
BPRS ASB: 122 0288 888
Bank Muamalat : 5010117942
Bank Mega Syariah : 2009 0279 90

Nomor konfirmasi : Call Center 0812 1342 999
IG: @lazismu_jateng
Fb: Lazismu jawa Tengah
Twitter: @lazismujateng

Muhammadiyah

Lazismu

Memberiuntuknegeri

Aksibersamauntuksesama

MDMC

OMOR

OneMuhammadiyahOneResponce