Penghargaan Sekolah Peduli Filantropi untuk SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta

0
959

Solo – LAZISMU. Penghargaan ‘Sekolah Peduli Filantropi’ diberikan Lazismu Solo kepada SD Muhammadiyah I Ketelan Surakarta. Pemberian penghargaan dilaksanakan dalam acara kuliah subuh bersama Hari Bermuhammadiyah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta, Minggu 30 Juli 2017.

Manajer Lazismu area wilayah Solo, Reynal Falah mengemukakan pemberian penghargaan ini adalah bentuk apresiasi Lazismu Solo kepada SD Muhammadiyah 1 Ketelan yang berperan aktif memiliki keunggulan dalam Program Filantropis Cilik.

Program Filantropis Cilik merupakan program nasional dengan mengajak siswa sekolah untuk berbagi dengan sesama melalui kencleng yang dibagikan ke tiap siswa.

“Hasil dari kencleng digunakan untuk membantu sesama, terutama dalam hal beasiswa pendidikan bagi saudara kita yang kurang beruntung,” tuturnya.

Kepala SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Sri Sayekti, menyatakan, anak-anak perlu diberi edukasi untuk berinfak dan peduli berbagi kepada sesama.

“Diberi pemahaman, meski uang jajan kita habis untuk sedekah tidak apa-apa, kita akan mendapatkan pahala dan berkah kebaikan,” katanya.

Salah satu cara menanamkan karakter jiwa, cinta akan sedekah sejak dini adalah dengan mengajarkan anak agar terbiasa beramal dan peduli terhadap sesama serta mereka yang kurang mampu.

“Kami juga sudah mensosialisasikan program infak Lazismu ke orangtua siswa, jadi orangtua juga mempersiapkan infak setiap hari di bulan Ramadan untuk Lazismu,” ujarnya.

Pengumpulan infak SD Muhammadiyah 1 Ketelan dimulai sejak Juni 2017 dengan total donasi Rp 25.030.000.

Siswa kelas V, Nafisa Pawitra Suci, mengungkapkan rasa senangnya sebagai amil cilik, karena dapat berbagi ke sesama.

“Filantropis cilik sangat berguna untuk melatih kecerdasan sosial terhadap sesama dan lingkungan sebagaimana diajarkan oleh orang tua saya,” katanya.

Sementara itu, orang tua wali, Agung Sudarwanto, mengaku bangga SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta atas penghargaan dari Lazismu ini. (tribunsolo/nd)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here