Terlilit Hutang, Tukimah dapat bantuan modal usaha

0
1113

LAZISMUJATENG. ORG – Sebuah warung berdinding hijau berdiri kokoh dibelakang Stadion Taruna, Kabupaten Sragen. Warung itu beralamatkan di Taman Asri RT 32 RW 14 Kroyo, Karangmalang, Sragen. Berbagai makanan ringan dan minuman ditawarkan di warung itu. Di balik etalase kecil warung itu seorang wanita mengenakan kaos berwarna abu-abu tampak sedang melayani pembeli. Tukimah, panggilan orang-orang disekitarnya kepada wanita pemilik warung itu. Sehari-hari ia berjualan makanan ringan dan minuman di warung yang sudah ia kelola selama 7 tahun. Joko Santoso, suaminya bekerja sebagai pengjaga malam salah satu Rumah Sakit di Sragen. Mereka dikaruniani seorang anak yang bernama Alifa Hibatillah Samanta. Saat ini putrinya sedang duduk di bangku TK.

Pendapatan Tukimah dari berjualan makanan ringan dan minuman tidaklah menentu. Ia tidak selalu mendapatkan uang setiap hari. Upah yang diterima Santoso pun sebagai pengjaga malam juga hanya dapat mencukupi kebutuhan pokok mereka setiap harinya. Sebelumnya warung yang dikelola Tukimah cukup besar akan tetapi karena terlilit hutang yang besar. Alhasil produk yang ia jual semakin hari semakin berkurang Setiap bulan mereka harus membayar angsuran sejumlah uang tertentu untuk menutupi hutang-hutang yang mereka tanggung. Kalau hanya mengandalkan upah saya sebagai penjaga malam tidak lah cukup mas. Apalagi hutang yang melilit keluarga saya juga besar. Hanya warung istri saya saja yang dapat kami andalkan untuk meningkatkan perekonomian kami, Ujar Santoso.

Melihat kondisi perekonomian keluarganya yang semakin menurun Santoso mengajukan bantuan kepada Lazismu Sragen. Mendapat pengajuan, Lazismu Sragen langsung mensurvey kondisi Tukimah. Melihat kondisnya Lazismu Sragen memutuskan untuk membantu Tukimah. Senin, 9 April 2018, sebuah mobil pick up berwarna putih mengangkut sebuah etalase kaca beroda berukuran 110 x 100 x 40 centimeter yang nantinya etalase itu akan diberikan kepada Tukimah untuk membantu ia meningkatkan penjualan warung miliknyanya. Dengan diketahui oleh Khusni, pengurus PCM (Pimpinan Cabang Muhammadiyah) Kecamatan Karangmalang dan Kiswanto, Ketua RT 34 Taman Asri RW 14, Kroyo, Karangmalang, Sragen, Lazismu Sragen yang diwakili Tommy Arisaputra, staff progam Lazismu Sragen menyerahkan sebuah etalase kaca kepada Tukimah. Semoga bantuan yang diberikan Lazismu Sragen bermanfaat untuk Tukimah sehingga dapat melunasi hutang-hutangnya dan semoga usahanya menjadi berkah dan sukses. Aamiin yaa rabbalalamiin