MDMC Terima Stok Makanan Kaleng Untuk Korban Bencana

0
190

LAZISMUJATENG.ORG – Tumpukan kardus coklat berisi rendang kaleng tersusun di depan mobil pick up berwarna hitam. Rendang kaleng itu memiliki variasi dua rasa, sapi dan kambing. Senin (30/04/2018) Ronny Megas Sukarno, Manajer Fundraising Lazismu Sragen menyerahkan sepuluh kardus berisikan rendang kaleng kepada Galih Cahyo Gumilar, Sekertaris MDMC ( Muhammadiyah Disaster Management Center) di PDM (Pimpinan Daerah Muhammadiyah) jalan Yos Sudarso No 6, Kutorejo, Sragen.

Rendang kaleng yang diterima MDMC itu nantinya akan disalurkan kepada korban bencana alam serta sebagai logistik para relawan yang mengorbankan waktu dan tenaganya untuk menolong saudara-saudara mereka yang terkena bencana. “Kami dari MDMC mengucapkan terimakasih kepada Lazismu Sragen, rendang ini sangat bermanfaat bagi korban bencana alam. Biasanya di dapur umum mereka makannya telur tapi sekarang dengan adanya rendang kaleng ini mereka dapat merasakan daging,” ujar Galih.

Pemberian bantuan dari MDMC terhadap korban bencana bersifat insidental. MDMC menerapkan tiga respon penanggulangan bencana 1) Mitigasi bencana atau upaya mengurangi resiko bencana¬† yang salah satunya dilakukan dengan tanam pohon di lereng lawu 2) Tanggap darurat bencana yang dilakukan dengan pemberian bantuan saat terjadi bencana 3) Pemulihan pasca bencana yang dilakukan dengan pemberian edukasi kepada warga sekitar yang terkena bencana, perbaikan psikologis, perbaikan perekonomian dan perbaikan infrastruktur. ” Kami merasa senang bisa membantu. Meskipun tidak dapat intensif tapi ada kepuasan hati tersendiri ketika bisa bermanfaat untuk orang lain,” imbuh Galih.