Aktivis Media Muhammadiyah diundang LPJS SOLOPOS dalam Workshop Jurnalistik

0
148

LAZISMUJATENG.ORG – Surakarta (Ahad, 09/09/2018) LPJS Solopos Mengadakan Workshop Kode Etik Jurnalistik, acara dilaksanakan di Griya Solopos, dalam acara tersebut turut mengundang beberapa aktivis Media Muhammadiyah seperti kontributor lazismujateng.orgpwmjateng.comdakwahmu.tv, sinarilahradio.com, dan dikdasmenska.com.  Manager LPJS Solopos Sholahudin Muzayin dalam pembukaan menyatakan bahwa “tujuan workshop tersebut untuk mengedukasi masyarakat agar lebih memahami norma-norma jurnalistik”.


Selain Aktifis Media Muhammadiyah Workshop juga diikuti 30 peserta lain yang terdiri dari para Blogger, Mahasiswa, dan Pendidik. Materi yang diberikan ada 4 topik bahasan, yaitu: Kode Etik Jurnalistik,  Pedoman Pemberitaan Media Siber, Prinsip- UU No 40 Tahun 1999 Tentang Pers, dan Sembilan Elemen Jurnalisme. Keempat materi tersebut disampaikan oleh wartawan senior Solopos Rini Yustiningsih dan Ichwan Prasetyo.
Salah satu peserta workshop Arif Fajar  berasal dari utusan Majelis DIKDASMEN Muhammadiyah Surakarta mengungkapkan motivasinya ikut workshop ini adalah ingin menambah keahlian dalam menulis artikel berita. Lain halnya dengan Nugroho yang merupakan kontributor situs website lazismujateng.org, pwmjateng.com, dan dakwahmu.tv mengungkapkan bahwa motivasi mengikuti workshop ini karena ingin mengetahui kode Etik Jurnalistik dan pedoman – pedoman dalam penulisan berita.
Kegiatan ditutup dengan pemaparan dari Ichwan Prasetyo tentang sembilan elemen Jurnalisme pukul 15.00 WIB.