IFTAR RAMADHAN DI SEMARANG

0
95

LAZISMUJATENG.ORG. Barang siapa memberi makan berbuka bagi orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun. (HR Tirmidzi). Hadits inilah yang mendorong umat muslim untuk saling memberi dan berbagi, khususnya berbagi makanan untuk pembuka puasa / iftar.

Makanan yang dimaksud adalah makanan pokok yang mengenyangkan, sesuai porsi makanan pada umumnya. Pendapat ini didasarkan pada aspek ekonomi, dimana seseorang yang telah mendapatkan satu paket iftar, sudah tidak perlu lagi mengeluarkan dana untuk membeli makan malam.

Lazismu Kota Semarang menawarkan secara terbuka paket iftar Ramadhan ini, guna memberi kesempatan muslimin untuk mendapatkan pahala sebanyak mungkin di bulan Ramadhan. Dengan nilai infaq per paket sebesar Rp. 20.000 untuk paket iftar standar, atau Rp. 25.000 untuk paket iftar dengan menu ayam pakuan.

Alhamdulillah KPP (Kantor Pelayanan Pajak) Madya Semarang menyambut program ini, dengan menyalurkan sebanyak 50 paket iftar setiap hari, dan direncanakan akan berlangsung selama 14 hari dalam bulan Ramadhan 1440 H ini. Ketua Rohis (Rohani Islam) KPP Madya Semarang, Dwi Susanto menyampaikan bahwa dana tersebut berasal dari infaq dan shadaqah pimpinan serta karyawan KPP Madya yang dikumpulkan khusus untuk Donasi Berbuka Puasa Ramadhan sebagai rangkaian kegiatan Rohis KPP Madya Semarang.

Sedangkan tasharuf yang diharapkan bisa memberi manfaat kepada masyarakat secara luas, utamanya bagi masyarakat di kota Semarang. Untuk itulah dirinya menganggap perlu menggandeng Lazismu dalam melaksanakan tasharuf tersebut.

Tasharuf iftar Ramadhan dilaksanakan sejak hari Rabu (8/5/2019), dan pada hari Jum’at (10/5/19) kemarin dilaksanakan di masjid Al-Mukarromah di jl. Medoho Seruni, Gayamsari Semarang. Masjid yang terletak di tengah perkampungan warga tersebut, menampung jamaah yang cukup banyak karena berada di lingkungan yang tergolong padat penduduknya. Salah seorang jamaah menyatakan terimaksih dengan adanya program iftar Lazismu, dia menyatakan bahwa di masjid ini jarang menyediakan buka dengan makanan besar, yang sering ya makanan kecil saja.

Pada kesempatan lain sekretaris BP Lazismu, Marhaeni menyatakan terimakasih kepada semua munfiq (orang yang berinfaq) pada khususnya di KPP Madya Semarang yang telah mempercayakan penyaluran infaqnya melalui Lazismu, khususnya dalam program iftar Ramadhan tahun ini.

Disampaikan juga bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia, dimana Allah akan memberikan pahala yang berlipat ganda apabila umatnya menjalankan ibadah di bulan ini. Ada 2 rukun Islam yang mesti dilaksanakan di bulan ini, yaitu puasa dan zakat. Dirinya menghimbau agar umat muslim melaksanakan zakat baik fitrah maupun zakat maal melalui lembaga amil resmi. Yaitu lembaga amil yang telah mendapatkan SK dari pemerintah yang berwenang. Hal tersebut dimaksudkan agar pemanfaatan dana ZIS dilaksanakan sesuai syariah dan administrasinya terkontrol secara professional.

Lebih jauh disampaikan bahwa Dewan Syariah Lazismu juga memberikan pelayanan konsultasi zakat. Guna melayani kaum muslimin agar tidak salah dalam melaksanakan kewajiban zakat yang harus dikeluarkannya.

Dirinya juga berpesan agar tim amil Lazismu melayani dengan baik kepada semua fihak, utamanya dalam melaksanakan penggalangan dana serta mentasharufkannya. Harus sesuai prosedur serta aturan syariah yang telah di tetapkan, demikian pungkasnya. (Hasan)

Layanan transfer Lazismu – BSM (Bank Syariah Mandiri)
– Zakat 777 888 7187
– Infaq 777 888 1785
– Konfirmasi WA 0856 4087 3531
#zakatbermanfaat
#zakatproduktif
#zakatsolusiumat
#infaqbermanfaat
#infaqproduktif
#infaqsolusiumat