Optimalisasi Peran Perempuan dalam Kebencanaan, PDA Kabupaten Sragen Mengikuti Jambore Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana

0
87

LAZISMUJATENG.ORG – Sragen, 5 Juli 2019. Mulai hari ini Jum’at sampai dengan Minggu (5-7 Juli 2019) Pimpinan Daerah Aisyiyah Kab. Sragen dikomandani oleh Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) mengikuti Jambore Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana yang dilaksanakan oleh LLHPB Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Tengah di Bumi Perkemahan Lawu Resort Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Jambore yang bertema “Optimalisasi Peran Perempuan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup untuk Jawa Tengah Tangguh Bencana” diikuti oleh (tiga puluh lima) Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Tengah yang terdiri dari LLHPB, Majelis Dikdasmen, Majelis Kesejahteraan Sosial dan Lembaga Kebudayaan Aisyiyah serta organisasi otonom Angkatan Muda Muhammadiyah (NA, HW, MDMC, TS, IMM & IPM).

Team Jambore Kontingen PDA Sragen, tadi pagi Jum’at 5 Juli 2019 dengan jumlah personil 13 orang, dilepas/diberangkatkan oleh PDM Sragen yang diwakili oleh Bp. H. Moh. Sauman (Ketua Majelis Dikdasmen), dan didampingi oleh Ibu Ketua PDA Hj. Sunari, M.Pd & beberapa Ibu-ibu Pengurus Harian PDA Sragen di halaman kantor PDM Sragen.

Dalam arahannya Bp. H. Moh. Sauman menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat positif dalam rangka untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya peran perempuan dalam pengelolaan lingkungan hidup dan pengurangan risiko bencana. Sehingga diharapkan setelah kegiatan ini berlangsung Aisyiyah lebih bisa berperan dalam hal penanggulangan bencana & pelestarian lingkungan hidup.
Sekaligus sebagai ajang silaturahim & saling mengenal serta berbagi ilmu diantara peserta.
Sehingga diharapkan peserta benar-benar bisa mengikuti semua rangkaian kegiatan dengan penuh rasa tanggung jawab dari awal sampai akhir kegiatan.

Menurut Pembina team (Dra. Suyatmi/Sekretaris PDA sekaligus Pengurus LPB PDM/MDMC), berbagai kegiatan yang digelar dalam jambore ini antara lain sarasehan, workshop, perlombaan, simulasi, outbond dan tadabbur alam. Dari berbagai kegiatan tersebut diharapkan peserta memiliki kemampuan untuk menemukan dan mengenali permasalahan lingkungan hidup di sekitarnya, mengenali risiko bencana di sekitarnya dan menyusun serta menyepakati rencana pengelolaan lingkungan hidup dan pengurangan risiko bencana di komunitasnya. Demikian tuturnya.

Adapun team yang diberangkatkan dikomandani langsung oleh Ketua LLHPB PDA Sragen sebagai Pinkon (Pimpinan Kontingen), Siti Ruchayah, S.PdI.