LAZISMU PURBALINGGA BUKA KANTOR LAYANAN BARU

0
84

Purbalingga, (1 Sept ‘19). Tahun baru 1441 hijriyah (1 Muharam 1441) jatuh pada hari Ahad, bertepatan dengan tanggal 1 September 2019. Hari tersebut menjadi hari yang bersejarah bagi Lazismu Purbalingga. Pada hari itu diresmikan satu kantor layanan zakat baru berlokasi di masjid Besar Baitul Mu’min Bobotsari, kabupaten Purbalingga.

Guna memeriahkan acara tersebut, takmir Masjid Besar Baitul Mu’min mengadakan kegiatan tabligh akbar dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1441 H, sekaligus melaksanakan agenda dari Lazismu Daerah Kabupaten Purbalingga yaitu launching Kantor Layanan Lazismu Masjid Besar Baitul Mu’min Bobotsari, Purbalingga.

Acara tersebut dihadiri oleh ketua umum PDM Kabupaten Purbalingga, Badan Pengurus dan Eksekutif Lazismu Purbalingga, PCM Bobotsari, FORKOMPIMCAM Bobotsari (Camat, Kapolsek, dan Danramil), dan pimpinan PRM se-Cabang Bobotsari, serta menghadirkan jamaah masjid yang kebanyakan adalah warga sekitar masjid besar Baitul Mu’min, Bobotsari.

Acara dimulai dengan penyampaian laporan dari Ketua Lazismu Masjid Baitul Mu’min, Sugeng Riyadi. Dalam laporannya disampaikan bahwa pemasukan dana ZIS periode Januari-Agustus 2019 sejumlah Rp 112.324.000,- Dia menyampaikan rasa terimakasih atas peran serta Lazismu Daerah Purbalingga atas terlaksananya kegiatan tersebut. “Ini juga merupakan sebuah amanah yang membutuhkan curahan waktu, fikiran, tenaga serta komitmen yang kuat untuk bisa melaksanakannya.” Demikian komentarnya.

Direktur Lazismu Purbalingga, Andi Pranowo menyampaikan “Ini adalah salah satu terobosan yang kami lakukan supaya lebih dekat dengan keluarga muzaki, munfiq dan mushodiq yang ada di Bobotsari, khususnya di lingkungan masjid besar Baitul Mu’min. Sekaligus kami juga ingin menjadikan masjid sebagai pilot project dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat berbasis masjid. Kami mulai dengan kegiatan pengumpulan dana zakat, infaq dan shodaqoh secara sistematis dan terprogram melalui kantor layanan LAZISMU di masjid Baitul Mu’min ini “.

Tabligh akbar disampaikan oleh ustadz Syarifudin, yang menyampaikan materi mengenai keutamaan di bulan Muharam. Dalam kajian tersebut beliau memberikan motivasi dan menekankan kepada seluruh jama’ah yang notabene semua beragama Islam, agar selalu konsisten menunaikan rukun Islam ke 3 yaitu membayar zakat.

Sebagai penanda peresmian kantor layanan tersebut dilakukan pemotongan pita oleh ketua PDM Purbalingga, dan dianjutkan dengan pembagian tasharuf zakat kepada 100 mustahik dari masyarakat sekitar masjid besar Baitul Mu’min.

Dalam kesempatan itu Andi menyampaikan bahwa dengan diresmikannya KL Lazismu Masjid Besar Baitul Mu’min, dirinya berharap dapat memaksimalkan kinerja amil dalam mengelola dana ZIS, terutama dalam rangka mencapai visi Lazismu “Menjadi lembaga amil terpercaya”. Demikian Andi menutup pembicaraan. (admin)