Lakukan Kolaborasi Apik Jelang Muktamar, Lazismu Kota Surakarta Gandeng Sibat Sewu Tanam Buah Produktif

0
99

LAZISMUJATENG.ORG, Kota Surakarta – 13 hari menjelang pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48, Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Kota Surakarta bersama IMM, IPM, LLHPB, Serta MDMC melakukan aksi tanam buah produktif di kawasan Bantaran Kali Bengawan Solo, Kampung Sewu, Kota Surakarta. Sabtu (05/11).

Penanaman pohon buah produktif yang terdiri dari jambu air, jambu kristal, mangga harum manis, jeruk koheng serta ace (rambuan) itu merupakan bagian dari progam Madrasah Hijau Muhammadiyah kerja sama dengan SIBAT Sewu. Bibit pohon ditanam di tanah seluas 1 hektar.

“Insya Allah (program ini) akan diterima oleh mitra kita dengan target yang kita harapkan 100 buah produktif yang akan menjadi sumber ekonomi warga sekitar,” ujar Manajer Lazismu Kota Surakarta Muhammad Isnan.

Isnan menambahkan, “program ini diharapkan dapat memberikan nilai bermanfaat secara ekonomis, untuk masyarakat di Sewu. Dari pohon yang buahnya dapat dijadikan konsumsi warga atau di perjual belikan akan meningktakan income”.

Selain itu kawasan bantaran sungai juga dimanfaatkan untuk kegiatan produktif dan wahana edukasi tanaman buah di perkotaan.

Lebih lanjut Isnan menerangkan, “nantinya akan ada program Madrasah Hijau Muhammadiyah merupakan salah satu langkah Muhammadiyah dalam mencerahkan semeseta melalui dakwah lingkungan”.

Selain dari pada menjadi kegiatan nyata dalam pengurangan resiko bencana.  Adapun pendampingan (monitoring) yang bekerja sama dengan sebuah komunitas SIBAT Sewu yang di koordinir oleh Bapak Budi.

Penanaman pohon buah produktif tersebut merupakan salah satu inovasi pilar dan langkah Lazismu sebagai lembaga yang berkomitmen dalam peningkatan kualitas lingkungan melalui pendistribusian zaat da infaq yang dihimpun

Pilar tersebut bertujuan untuk kehidupan masyarakat dan ekosistem yang lebih baik dalam menjaga keseimbangan alam yang meliputi ; Sayangi Daratmu, Sayangi Lautmu dan Penanaman Pohon

“Hal penting juga, bahwa program ini untuk menunjukkan kepada masyarakat Indonesia bahwa Muhammadiyah bersama Majelis ORTOM-nya menyambut Muktamar dengan melakukan kepedulian terhadap lingkungan,” Ujar Isnan.